Sabtu, 28 Mei 2016

Pertama Kali menginjak tanah Kediri, Jawa Timur #1

         Sesuai banget sama judulnya. Hari ini adalah hari yang kuinginkan selama kurang lebih dari liburan dua semester yang lalu. Sederhana, ke kampung inggris aja. Sebelumnya ya cuma ngomong-ngomong aja tanpa realisasi lebih lanjut. Tapi yang semester nggak mau main-main lagi. Kenapa? karena kualifikasi yang pingin aku submit hampir semuanya mensyaratkan bahasa inggris. Mulai dari isi form, be able and fluent to speak english, lah......yaudeh diniatin dari nabung 500 x tanggal hari itu selama satu semester (nggak penuh 6 bulan sih, tapi caturwulan alias cuma 4 bulan). Kalo udah awal bulan, setor deh ke bank. tapi sebelum setor cek dulu kita bulan itu harus nyetor berapa, kalau jumlahnya nggak sesuai ya ditambahin.
         Nah, sekarang ke Kedirinya beneran nih. Berangkat sama Ulwi naik bus jurusan Malang Jombang dari terminal Landungsari, Malang. Kisaran dua jam, trus kita turun di Kandangan. Dari perempatan kandangan naik motor bonceng ibunya Ulwi sampe ke jalan mau ke kampung inggris. Pas sampe di kampung inggris siang-siang jam setengah satu-an. Pertama kita ke Mahesa Institute. yaiyalah tutup kan jam istirahat. Trus akhirnya kita pilih cari musholla dan sholat dhuhur dulu sembari menunggu semua kantor kursusan buka. Oke, udah jam 1 lebih, balik ke Mahesa tanya-tanya program. Selesai dari sana trus ke Peace, deket kok jaraknya. Di Peace yang ngantri banyak banget. alhasil akhirnya cuma ambil brosur trus mikir-mikir program yang diambil. Pas udah sepi, tanya ke petugas di Peace itu tentang programnya sama camp juga. eh ternyata camp-nya udah habis. Paket program yang sekalian sama camp juga abis. adaya sisa cuma buat yang cowok. Lha, yaudah setelah pikir-pikir lagi....Akhirnya.....bismillah kuputuskan ambil speaking introduction dan camp di Mahesa dan pronunciation di Peace. Pas balik lagi ke Mahesa, awalnya mau tanya-tanya lagi, tapi nggak jadi deh, langsung isi formulir aja. Nah, aku kan nggak bawa uang banyak, cuma bawa 100ribu. akhirnya jalan balik lagi ke ujung sebrang gang ke ATM. Udah gitu balik lagi lunasin pebayaran, mana foto aku lupa taruh mana, kayaknya bawa tapi lupa taruh mana. Yang aku heran, kok aku cuma dapet buku modul aja ya, nggak dapet blocknote.....hemmm mungkin karena saya masih pertama kali kesana, jadi syarat dan ketentuan nggak berlaku bagi saya. Habis daftar dari Mahesa,trus nyari camp sesuai arahan Mr. yang di office (maap nggak tanya namanya siapa) kalau kata ulwi namanya Mr. Syafril. Kulihat raut dan gaya bicaranya seperti kajurku yang sekarang (hehhee). Mahesa Princess Camp 5, itu yang pertama kudatangi. Tapi, katanya sih udah penuh. Ya udah, geser agak ke samping belakang, itu ada Mahesa Princess Camp I. Kebetulan ada yang keluar (miss Nindy) waktu itu, langsung deh aku tanya. Setelah liat-liat, ok deh aku ambil meski miss di MPC I masih di kantor, katanya sih nggakpapa ditempati dulu. Miss tutor di MPC I ini kece dipanggil Miss Ana. Beliau lulusan sastra Jepang Universitas Brawijaya tahun kemarin....hoooooooo sasstraaaa Jepaaaanngggg ???? (hhhhoooooohhhhh)..........pingin............
          Udah beres-beres buat sholat Ashar, trus Ulwi juga mau pulang keburu ujan soalnya dia nggak bawa mantel. Sekalian pulang, aku nebeng nyampe Peace. hmmm mau nyerobot kok nggak enak soalnya ada yang duduk di kursi tunggu (mana laki semua). akhirnya, duduklah saya d kursi tunggu,,,,,di tunggu-tunggu kok lama amat ya, eh ternyata ada lagi yang baru dateng langsung berdiri di desk officer....lhah.....ada lagi datang juga gitu, kalo penuh nggak ada tempat nyempil baru berdiri.....yaaaahhhh......karena ingat kata Mr. Syafril kalo di camp ada program kalo abis subuh dan maghrib, akhirnya aku cepet-cepet ambil sela meski sempit. Alhasil pukul 5 sore lebih berapa gitu udah selesai deh daftarnya, tinggal melengggang pulang ke camp. Miss Ana belum dateng juga.
Kediri panas....mandi dulu, habis mandi....ada rame-rame gedebuk-gedebuk orang lari....apa'an....ternyata ada yang ulang tahun diatas, tapi kuenya disimpen di kamarku (kan dibawah) maunya dibawa keatas tapi nunggu orangnya pergi dulu. Disitulah juga aku pertama kali liat Miss Ana yang baru pulang dari kantor.....
          Ok, cerita masih berlanjut....program abis maghrib diisi dengan acara perkenalan awrga MPC I, Mereka kebanyakan ambil program yang panjang, 6 bulan juga ada lho (Miss Atun, aku suka sama suaranya, kalo ngomong agak nggandol gimana gitu, dia dari Sulawesi). Dan mereka juga jauh-jauh, kebanyakan dari Jawa Tengah......udah....sampai sini aja ceritanya

24 Mei 2016
Mahesa Princess I
Kampung Inggris, Pare Kediri

10 Buah Ide

Ide, memunculkannya iti kadang susah kalau kita lagi (buthek/pikiran sumpek). So, karena semuanya itu berawal dari "PEKA", jadi ya kalau gerak dikit bisa nemu ide deh (hehhe). Ini ada bbrapa ide yg muncul. Hanya ide ya.....
1. Kuliner
2. Sawah
3. Tansu (ketan susu)
4. Pengalaman
5. Pakai GPS(Global Positioning System)
6. Kelaparan
7. Kebersamaan
8. Film
9. Wisata
10. Sepeda kayuh
Nah, itu beberapa ide yang muncul. Kenapa muncul ide seperti itu? Karen ya menulis itu juga bagian dari refleksi diri kita udah ngapain aja. Btw, ini hari ke-4 aku di Kediri, tepatnya di Kampung Inggris, Pare. Niatnya sih ke tansu....tapi, misi di hari keempat ini nggak sukses. Kalian tau kenapa?karena aku sama temenku (ulwi) nggak tau tempatnya dimana. Cuma modal searching di google maps dan pake GPS, apalah daya posisi di GPS menyatakan kalau itu adalah sekolah, bukan warung ketan. Eh tapi ya nggak tau lagi sih tansu disebelah mana......next time mungkin bisa dicoba lagi....akhirnya balik beli susu mbok darmi, padahal di malang ada, deket kos malah, tapi nggak pernah beli. Malah belinya di kampung inggris.....dah ah, bye, see you

Rabu, 25 Mei 2016

Mengapa menulis

Alasan menulis
Ya, karena menulis adalah salah satu cara abadi untuk merekam pengalaman dan perjalanan hidup. Tak semua perjalanan hidup setiap orang sama. Kalau hanya lewat lisan, verita itu bisa putus atau berubah dibagian mana saja mungkin tanpa sepengetahuan kita. Jadi itulah kenapa memilih tulisan, karena bisa awet :-D

Minggu, 01 Mei 2016

Udara Inspirasi

Pagi dingin. Ya Malang identik dengan dingin. Padahal sekarang yang udah panas. Kalau di Batu, Jawa Timur masih kerasa dinginnya. Dingin ini memberi kekuatan tersendiri untuk membangkitkan diri beraktivitas. Pikiran langsung segar ketika menghirup suasananya. Usai menghadap yang Kuasa. pasang meja (mejaku itu bisa dilipet), taruh laptop, buka buku, dan letakkan list yang harus dikerjakan. YUPS, inspirasi pagi membawa semangat untuk terus berkarya. Apalagi malamnya udah dapet motivasi secara tak langsung (alias dalam artian nggak ketemu langsung sama orang yang ngomong. yaitu dengan Live Cast Rumah MC di cozora.com. Speaking season 1 sama kak Alicia asik banget. Buat teman-teman yang pingin ikutan live cast juga. buruan deh langsung search "Rumah MC" di google atau pantau medsosnya biar dapet ilmu baru, biar malam ahad kalian lebih bermakna !. See you guys.

Rasa tak abadi

Entah apa yang ada dibenak dan pikiranku. Semua seakan tanpa gravitasi di imajiku. Ujian (ujiannya se-prodi, se-angkatan lho). sampe tidur kebawa mimpi. eh ternyata memper dikit lah. ternyata nggak ada itu adalah ujian terakhir di mata kuliah itu....waaaaakkkkk.....apa-apa-an....soalnya kayak begitu jadi ujian akhir. UAS-nya dipake tugas. ya udahlah, udah terlanjur mau diapain lagi. Ujian usai, nyari koran. tertanggal 30 maret dan kalau ada 22 februari 2016. yaaakkk nggak nemu. Susah nyari orang jual koran Surya bekas. Banyakan Jawa Pos. Ada nemu bulan sama tahun, eh tanggalnya selisih sehari doaaaang.....hmmmm......pulanglah aku jalan kaki sambil berharap ada yang jual di pinggir jalan. Sampe nyampe kampus, nggak ada juga yang jual.....hmmmmm. mampir ke temen-temen kapela (FYI, kapela itu singkatan dari Komunitas Pengamat Langit. ini komunitas astronomi di Universitas Negeri Malang. kampusku keren kan ada giniannya, haha) juga ternyata mereka udah pada bubar udah mau pulang. yah elaah....akhirnya sore pulang trus beli ayam penyet banyuwangi (hampir 4 semester di Malang, baru dua kali ini nyobain makan beginian, pedesnya ampun deh, pertama makan bikin suaraku berubah. yang kedua ini bikin badan kayak pas demam. peeehh joosss !).