Sabtu, 26 Maret 2011

Foto Sandra Dewi Dibuat Hitam Putih tapi Glamor


Tutorial ini saya posting ulang karena ada langkah yang kelewat.. hehehe… maaf ya.. namanya juga manusia, pasti ada kesalahannya..hehehe . Makasih buat yang udah ngasih tau..


Ternyata peminat efek ini hitam putih banyak juga.. terbukti setelah saya posted di facebook komen langsung bergentayangan ..hehehe. Cara buat Efek Glamor hitam putih gampang banget dan simple banget alias gak ribet njelimet.


Saya pake Foto Sandra Dewi aja ya.. biar web Blog ilmuphotoshop ini bukan lebih dari sekedar blog Tutorial Photoshop doang.. tapi blog foto-foto artis yang pengen mejeng disini.. hehehe.. gak deng.. saya nya aja yang pengen foto-foto artis terkenal ada di web blog ini.


Sebelumnya saya minta Maaf kepada Mba Sandra Dewi karena saya pinjem foto nya buat edit.. biar blog saya lebih terkenal lagi gitu lho Mba .. kayak Mba Sandra Dewi.. :)


Saya ngambil foto ini lupa dari mana soalnya dapet dari Google Image.. maaf juga buat photografer nya karena saya pake foto karya sampean.. :D


Mulai..


Buka foto Sandra Dewi ..


foto sandra dewi 1


Kalo mau yang original size dengan Resolusi 300 pixels download yang ini


Foto Sandra Dewi


Klik foto untuk memperbesar.. lalu download


Gunakan Crop Tool untuk memotong bagian muka Sandra Dewi. Efek ini lebih bagus dipake untuk foto Close UP soalnya..


foto sandra dewi 2


Pilih bagian yang mau di crop.. lalu tekan Enter atau Klik 2x. kalo udah Duplikat Layer dengan menekan CTRL + J ..


Di layer hasil duplikat gunakan PEN TOOL untuk menyeleksi bagian yang gak kepake.


foto sandra dewi 3


Klik kanan di area seleksi tadi.. klik Make Selection


foto sandra dewi 4


Klik Select > Modify > Feather untuk menghaluskan seleksi nantinya.. sekarang tekan DELETE di keyboard.


foto sandra dewi 5


Hasilnya ( Matikan Layer background untuk melihat hasil nya ) :


foto sandra dewi 6


Klik Image > Adjustment > Hue/ Saturation


foto sandra dewi 7


Sekarang Klik Image > Adjustment > Brightness/Contras


foto sandra dewi 8


Duplikat layer 1 dengan menekan CTRL + J


Klik Filter > Blur > Gaussian Blur


foto sandra dewi 9


Ini Langkah yang kelewat ditulis..


Ubah blending style menjadi hard light


foto sandra dewi 9a


Nyalakan Lagi Layer Background dengan mengaktifkan gambar Mata di samping layer background.


Ubah layer background menjadi layer berwarna Putih dengan menekan tombol CTRL + Backspace atau Shift +Backspace ( Tergantung dari foreground dan background color)


Gunakan Dodge TOOL untuk menghilangkan warna Hitam disekitar foto.


foto sandra dewi 10


Dodge Tool bisa juga digunakan untuk memutihkan wajah kita juga lho.. :D


Hasil Akhirnya kayak gini :


foto sandra dewi 11


Gimana? Mantep dan Gampang kan ?


Jadi hasil yang bagus gak selamanya harus pake cara yang rumit.. :)





Artikel Foto Sandra Dewi Dibuat Hitam Putih tapi Glamor ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Foto Efek : Cara Mudah Membuat Foto Jadul


Foto efek yang ini mungkin udah pada ngerti.. tapi kayaknya masih banyak yang gak tau juga cara bikinnya.. soalnya banyak email yang minta dibuatin tutorial gimana caranya membuat foto keliatan udah lama atau udah tua.


langsung aja ya,


Buka foto yang mau diedit , Saya pake foto adik Ipar saya (Chandra kakaknya Nadya -red )


efek foto tua 1


Ctrl+ J untuk menduplikat layer background. klik Image > Adjustment >Hue / Saturation


Jangan lupa Contreng Colorize nya


efek foto tua 2


Buat layer baru Klik Layer > New > Layer


Warnai layer dengan Radial gradient Hitam - putih


efek foto tua 3


Ganti layer efek menjadi SOftlight


efek foto tua 4


Sekarang buka file Scratch sebagai alat bantu menjadulkan. hehehe..


scratch


Download aja : klik kanan > Save target as


Drag file scratch ke file Foto yang tadi udah diedit


efek foto tua 5


Atur Scratch yang sudah didrag ke foto , tempatkan di layer paling atas , Ubah efek layer menjadi Soft Light


efek foto tua 6


Sekarang kita buat tepi putih nya.. karena foto jadul biasanya ada tepi putih nya.. :)


Buat layer baru lagi, terus buat kotak dengan rectangle marquee tool ( liat contoh)


efek foto tua 7


Klik Select > Inverse , warnai Dengan warna putih


efek foto tua 8


Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi..


dan selesai deh..


Hasilnya :


efek foto tua 9


Selamat Mencoba Gan!





Artikel Foto Efek : Cara Mudah Membuat Foto Jadul ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Membuat Animasi Berubah bentuk dengan Photoshop


Berhubung saya lagi suka animasi.. hehehe.. saya bikin yang animasi lagi aja yah..Postingan animasi pertama adalah yang bergerak.. tapi tidak bisa merubah bentuk, karena pake cara manual. Sekarang saya coba pake cara mengimport dari Layer .. jadi kita bisa ubah-ubah bentuknya sebelum dijadiin animasi. bingung ya? langsung aja deh..


Buka dokumen baru :


animasi13


Klik CUstom Shape tool , pake yang Heart yaa.. biar bagus.. hehe


animasi21


Klik Path selection tool… Klik kanan gambar heart lalu pilih Make selection..


animasi31


Buat layer baru.. pake gradient tool untuk warnain Heart tadi.


Settingannya gini :


animasi41


DUplikat gambar heart dengan menekan tombol CTRL + J .. lalu Kecilin.. jangan lupa sambil tekan tombol SHIFT + ALT biar letak hasil pengecilan nya tetep. ( bahasanya ribet amat ya..)


animasi51


Duplikat lagi layer yang barusan jadi.. lalu kecilin lagi.. cara nya sama ya..


animasi61


Duplikat sekali lagi..dan kecilin


animasi71


Sekarang buat layer baru diatasnya layer background.


animasi81


Delete layer background. Klik kanan layer background > delete layer


Posisi terakhir di Layer Palette


animasi91


Sekarang buka jendela Animasi .. Klik Windows> animation


animasi101


Klik Tombol menu yang ada dipojok jendela animasi lalu Klik Make Frames from Layer.


animasi111


Semua layer terbagi rata berdasarkan Urutan dari layer bawah ke layer atas..


animasi121


Delay Time nya Jadiin 0,1 second semua.


Hapus Frame yang kosong.. alias gak ada gambar nya alias blank.


animasi131


Sekarang Save Hasilnya.. Klik File > Save for web & Devices


animasi14


Hasilnya :


hasil


Selamat mencoba..


Coba terus otak atik… dan gabungin dengaan cara bikin animasi yang pertama.


COBA…COBA….COBA… sampe bisa





Artikel Membuat Animasi Berubah bentuk dengan Photoshop ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Menggambar Vektor (Vector) dengan Photoshop


Software : Adobe Photoshop CS3


Saya anggap semua udah baca postingan saya sebelumnya tentang dasar-dasar menggambar vektor.. Untuk yang sekarang saya posting cara menggambar vektor.. yaa.. sampel sederhana aja ya.. yang penting nanti ngerti cara buat nya..Saya kasih se-DETAIL mungkin nih.. jadi cara nya agak panjang..


Pertama buat dokumen baru :


kartun1


Buat lingkaran atau agak ellips dengan Ellips tool :


kartun2


Masih menggunakan Ellips tool… buat lingkaran lagi yang lebih kecil dari yang pertama… supaya gambar lingkaran bener-bener bulet… harus sambil menekan tombol SHIFT.


kartun3


Sekarang duplikat lingkaran kecil tadi dan geser ke kanan.. caranya , gunakan path selection tool.. Klik dulu lingkaran kecil nya.. lalu sambil tekan tombol ALT (untuk duplikatnya) dan tombol SHIFT ( Untuk memudahkan kita menggeser, supaya nantinya sejajar dengan lingkaran pertama ) geser lingkaran ke kanan..


kartun4


Sekarang Select semua lingkaran dengan Path Selection TOol, atau klik satu-satu sambil tekan tombol SHIFT… Terus Klik Combine..


kartun6


Gampang kan?


Sejarang klik kanan di gambar yang barusan di combine ( masih di path selection tool ) .. Telan Make Selection… Feather radius kasih 0 pixel.Klik OK


kartun7


Buat layer baru.. Klik EDIT > STROKE ..


kartun8


Lalu Klik Select > Inverse.. Dengan menggunakan Paint Bucket Tool … warnai bagian dalem gambar. warna sesuai selera aja.. :)


kartun9


Buat Bulatan lagi di dalem gambar tadi dengan menggunakan Ellips Tool. Duplikat lingkarannya lalu geser ke kanan. Cara nya sama dengan membuat telinga.. masih inget kan? kalo gak inget.. scroll lagi aja ke atas.. hehehe..


kartun10


Select kedua mata nya dengan Path selection tool… Klik kanan > Make Selection .. Feather radius 0 aja..


kartun11


Dalam Keadaan terseleksi.. Buat layer baru lagi deh.. lalu Klik Edit > Fill .. warnai dengan putih..


kartun12


Klik kanan di layer yang barusan di layer palette > Blending Option Atau Klik 2 x di layer palette..


Sesuaikan dengan di bawah… ini untuk membuat list lingkaran mata nya.. warnai sesuai selera.. saya pake hitam.. (siapa takut)


kartun13


Buat lagi lingkaran di dalem mata sebagai warna hitam mata nya.. Cara nya sama dengan yang bikin telinga.. Gak inget ?? liat lagi ke atas gih!


kartun14


Buat layer baru.. klik kanan lalu > make selection.. Klik Edit > Fill, warnai dengan Hitam.


kartun15


Sekarang buat bibirnya..


Gunakan Pen Tool .. lalu buat bentuk seperti dibawah..


kartun16


menggunakan path Selection Tool .. Klik kanan > Make Selection .. lalu Buat layer baru lagi.. Klik Edit > Fill . warnai dengan warna Hitam


kartun17


hasilnya :


kartun18


Sekarang kita buat Labelnya..


Buat layer baru.. lalu buat kotak dengan Rectangle Marquee Tool.. Warnai dengan warna Merah atau sesuka hati aja..


kartun19


Duplikat kotak merah tadi dengan menekan CTRL + J, tarik bawahnya sehingga kotaknya lebih kecil .. Klik kanan layer duplikat tadi > Blending Option. Klik Color OVerlay.. Kasih warna yang lebih tua dari kotak besar.


kartun20


Beri tulisan :


kartun21


Buat kotak yang semua ujungnya bulat Dengan Rounded Rectangle Tool.. buat 2 buah seperti gambar.. bisa pake cara Duplikat seperti bikin telinga.. Masih gak inget?? yaaa liat lagi aja ke atas.. hehehe..


kartun22


Select dua Rounded Rectangle itu dengan Path selection Tool.. Klik kanan Make Selection..


kartun23


buat Layer baru.. Gunakan EyeDropped Tool untuk mengambil warna muka.. sehingga nantinya warna yang didapet sama persis (absolutely) dengan warna muka..


kartun24a


Klik Edit > Fill, warnai dengan warna Foreground Color atau warna yang tadi didapat dengan Eyedropped tool.


kartun25


Kasih Shadow sedikit.. Klik kanan di layer tangan tadi.. lalu Blending Option..


kartun26


Select Semua layer kecuali bagian Kepala.. lalu Miringkan/Putar kotak , tangan, dan tulisan..


kartun27


Di adobe photoshop CS3 langsung aja dengan klik layer paling atas.. lalu sambil tekan Tombol SHIFT.. tekan layer paling bawah yang mau diseleksi.


Kalo CS 2 ke bawah kayaknya manual satu2 deh.. Saya juga Lupa.. udah lama gak pake CS2.


Cara manualnya :


Pilih layer yang mau diputar .. Klik Edit > Transform > Rotate


kartun26a


Isi sudut putaran nya.. misal 15 derajat.


Apply ke semua layer yang mau diputar.


Hasil Akhirnya :


kartun28


Selamat Mencoba.. moga-moga bermanfaat..





Artikel Menggambar Vektor (Vector) dengan Photoshop ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials